7 Sakramen Dalam Agama Katholik terlengkap



7 SAKRAMEN
           
Sakramen adalah   : tanda keselamata atau rahmat dan kehadiran tuhan                                         dalam hidup

1   1.     SAKRAMEN BAPTIS
Sakramen baptis adalah  : sakramen pertama yang kita terima ,bagaikan pintu masuk kedalam himpunan murid-murid kristus jakni gereja.
Dalasm sakramen babtis . menurut .st Paulus  manusia mati bersama dengan kristus ,orang yang telah dibabtis tersebut dikuburkan  bersama dia dan dibangkitkan pulau dengan hidup baru.
Dengan di persatukan dalasm tubuh kristus dias tidak lagi dikuasai oleh dosa ,melainkan olen Cinta allah.

2. SAKRAMEN KRISMA
Sakramen  krisma  /penguatan adalah : penyempurnaan pembaptisan ; karena  disini orang sudah dibabtis dilengkapi dan daya rohkudus dan sekaligus diwajibkan  untuk mewartakan iman sebagai saksi kristus sejati dalam kata dan karya.
Untuk menjalankan tugas itu kita memerlukan kekuatan , dan kekuatan itu  adalah :rohkudus sendiri.       

3. SAKRAMEN EKARISTI
Sakramen Ekaristi adalah : langkah ketiga dari inisiasi kristen , proses menjadi anggota gereja ,dengan menyambut tubuh dan darah kristus  orang  yang sudah dibabtis dan diurapi menjadi anggota tubuh kristus yaitu gereja sepenuh nya sesuai dengan sabda tuhan yang makan dagin ku dan minum darah ku,tinggal dalam aku dan aku didalam dia(yoh ;( 6,56)

4. SAKRAMEN TOBAT/PENGAKUAN DOSA
Sakramern tobat adalah : karya keselamatan allah dapat berlangsung terus didalasm seluruh hidip kita didunia, tobat untuk bukan  meledakan  amarah allah ,bukan hanya sekedar persembahan diri masnusia.
Melainkan suatu manusia kesadaran masnusia,bahwa allah sedang berkarya bagi keselamatan semua manusia tanpa pandang bulu.

5. SAKRAMEN MINYAK SUCI/PENGURAPAN ORANG SAKIT
Sakramen minyak suci/pengurapan orang sakit:sakramen penembuhan yang kedua .dalam sakramern ini seseorang imam mengurapi si sakit dengan minyask yang khusus diberkati untuk upacara ini.;pengurapan orang sakit dapat dilayankan bagi setiap umat beriman   yang, karena telash mencapai penggunaan akal budi, mulai berada dalam bahaya yang disebkan sakit  atau uaia lanjut’’  (1004; KGK 1514). Baru menderita sakit ataupun makin memburuknya kondisi kesehatan  membuat sakramen ini dapat diterima berkali-kali oleh seseorang .

6 . SAKRAMEN PERKAWINAN
Sakramen perkawinan adalah : masa perkenalan sekaligus untuk mematangkan niat  untuk menikahi  jika  mereka ternyata sudah cocok satu dengan yang lain. Namun pemberkatan tunangan bukan sakramen  dan tidak mengingat seperti sakramen perkawinan.
Sakramen  perkawinan terkait dengan  kemanapun untuk saling mencintai,  dengan demikian mereka mencerminkasn hakikat ALLAH sendiri: ALLAH adalah kasih ( 1 yoh 4:8) 

7.  SAKRAMEN IMAMAT  ATAU PENTABISAN
Sakramen imamat atau pentabisan adalah sakramen yang dengannya seseorang dijadikasn uskup, imam, atau diakon, sehingga penerima sakramen ini dibaktikan sebagai citra kristus. Hanya unskup yang boleh melayankan sakramen ini. Manusia sakramen imamatan memberkati.



DAFTAR ISI


1  sakramen   babtis
 2  sakramen  ekaristi
                                                      3   sakramen krisma
                        4  sakramen tobat /pengakuan dosa
                                               5  sakramen  pengurapan orang sakit/minyak suci
      6  sakramen perkawinan
                                                      7  sakramen imamat
 

Pengikut